Senin, 21 Januari 2019

Kuliah sambil kerja? Kenapa tidak!

Banyak anggapan bahwa kuliah sambil kerja adalah hal yang hampir tidak mungkin. Padahal, banyak juga kok, mahasiswa yang berhasil menjalankan keduanya pada saat yang bersamaan. Ya, kamu tetap bisa kuliah sambil kerja jika kamu dapat mengatur waktu dan kesehatan kamu. Selain mendapat uang jajan tambahan, kuliah sambil kerja dapat memberikanmu banyak pengetahuan lebih yang belum tentu kamu dapatkan di kampus. Salah satunya adalah menambah pengalaman bekerja dalam tim. Kamu juga dapat belajar beradaptasi di lingkungan kerja kamu, sehingga saat kamu sudah lulus nanti, kamu memiliki pengalaman untuk beradaptasi dengan cepat.

Beberapa keuntungan ini pastinya membuat kuliah sambil kerja pastinya menarik dicoba, bukan? Jika kamu sempat berpikir bahwa kamu belum menemukan pekerjaan yang tepat, atau tidak memiliki kemampuan untuk membagi waktu kuliah sambil kerja, kamu dapat mencoba beberapa tips ini agar rencana kuliah sambil kerja kamu jadi sukses.

Memilih bidang kerja yang sesuai
kerja sambil kuliah

Kamu dapat memilih bidang kerja yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah. Dengan ini kamu dapat memprakikkan langsung apa yang kamu pelajari saat kuliah di tempat kamu bekerja. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar lebih dulu tentang suatu hal yang belum kamu pelajari saat kuliah. Dengan kuliah sambil kerja, kamu jadi bisa meningkatkan nilai kamu atau menambah pekerjaan baru seperti menjadi tutor.

Jika kamu tidak menemukan pekerjaan di bidang yang sesuai, kamu dapat mencoba menyesuaikan pekerjaan kamu dengan waktu atau kemampuan kamu. Kamu bisa saja mencoba bekerja menjadi pekerja paruh waktu di café atau bekerja sebagai freelancer. Dengan jenis pekerjaan tersebut, kamu dapat memiliki waktu luang yang lebih banyak karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk bekerja di kantor. Kamu dapat dengan mudah bekerja di rumah atau di kampus. Tentunya hal ini dapat membuka ketertarikan lebih untuk mencoba kuliah sambil kerja bukan?

Menginformasikan ke perusahaan bahwa kamu adalah mahasiswa
kerja sambil kuliah

Karena kuliah sebaiknya menjadi prioritas pertama kamu, informasikanlah kepada perusahaan kamu jika kamu adalah seorang mahasiswa. Dengan begitu perusahaan dapat bantu menyesuaikan jadwal bekerja kamu dengan jadwal kuliah kamu. Kamu dapat mengkonsultasikan hal ini dengan bagian HRD dari perusahaan tempat kamu bekerja. Tim HRD akan memberikan solusi terbaik bagi kamu dan perusahaan. Sehingga kamu dapat kuliah sambil kerja dengan maksimal.

Atau sebaliknya, untuk dapat menyeimbangi kehidupan kuliah sambil kerja kamu dapat melakukan konsultasi dengan pihak kampus mu agar kamu dapat mengikuti kelas malam. Dengan mengikuti kelas malam, saat siang hari kamu dapat menggunakan waktu untuk bekerja. Jika kamu mengambil kuliah malam, waktu kuliah kamu akan lebih efektif karena tidak ada waktu kosong di sela jam kuliah seperti kuliah reguler. Sehingga kamu dapat menyeimbangkan waktu dalam kuliah dengan waktu bekerja.

Perhatikan biaya pengeluaran agar tetap efisien
kuliah sambil kerja.

Tak jarang beberapa dari mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya kuliah atau sekedar menambang uang jajan. Namun, hal itu dapat kamu atasi dengan mengajukan permohonan beasiswa untuk perusahaan tempat kamu bekerja. Jika hal itu diterima perusahaan, kamu dapat meringankan biaya kuliah kamu dari beasiswa yang diberikan oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu berhasil memperoleh beasiswa dari perusahaan.

Performa kamu bekerja harus tetap menjanjikan, jika ya, bisa saja kamu akan diberikan beasiswa hingga akhir kuliahmu. Atau adanya perjanjian yang perlu kamu tepati seperti kontrak kerja hingga kompensasi yang harusnya kamu terima. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan baik-baik biaya yang kamu perlukan sehingga dapat menjalankan kuliah sambil kerja dengan baik.

Perfoma kamu saat kuliah sambil kerja harus menjanjikan
kuliah sambil kerja

Jika kamu sudah memutuskan untuk mencoba kuliah sambil kerja, kamu harus menjamin performa kamu baik saat kuliah ataupun saat kamu bekerja. Karena walaupun menurut beberapa orang kerja jauh lebih menguntungkan dibandingkan kuliah, kamu harus tetap menjaga performa kamu saat kuliah. Selain untuk memperkaya diri dengan ilmu yang sedang kamu tekuni, kamu perlu mengingat kalau kamu juga punya tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah kamu. Maka itu kamu harus menjaga performa kamu saat kuliah walaupun kamu sedang bekerja.

Dengan menjaga performa kamu saat kuliah, bukan berarti kamu perusahaan tempat kamu bekerja memaklumi jika performa kerja mu kurang baik. Maka itu diperlukan ketekunan dan niat dalam menjalankan kuliah sambil kerja. Kamu harus menunjukan perfoma kamu saat bekerja juga, sehingga atasan kamu dapat yakin jika kamu memiliki kemampuan yang sama dengan professional yang lainnya. Jika kamu dapat membuat atasan kamu memiliki pandangan baik akan perfoma kamu saat bekerja, kamu dapat meyakinkannya untuk memberikan beberapa kompensasi seperti penyesuaian jadwal kerja, fleksibilitas kerja, hingga beasiswa untuk kuliah kamu.

Menjaga diri tetap produktif
kerja sambil kuliah

Dengan kuliah sambil kerja, tentu waktu kamu untuk melakukan hal-hal seperti belajar, mengembangkan diri, melaksanakan hobi akan menjadi lebih sedikit. Maka itu, kamu harus pandai-pandai memanfaatkan waktu luang kamu untuk tetap produktif. Misalnya sepulang kuliah kamu dapat mempersiapkan diri untuk belajar materi kuliahmu atau untuk menyiapkan diri bekerja esok harinya. Kamu juga perlu membuat jadwal harian kamu agar tidak ada hal yang terlupakan. Dengan membuat jadwal harian kamu juga dapat mengatur waktu kamu dengan efisien.

Hindari procastination, karena hal tersebut akan membuat kamu merasa 24 jam dalam sehari tidak cukup. Dengan itu kamu perlu menjaga semangat kamu agar kamu tidak menunda pekerjaan yang ada. Atau kamu dapat menggunakan waktu luang mu untuk memperbanyak jam tidur kamu, namun kamu juga perlu memperhatikan kewajiban kamu sehingga kamu tidak terlalu banyak menggunakan waktu luangmu untuk beristirahat walaupun istirahat merupakan hal yang baik.

Banyak hal yang sebenarnya menguntungkan jika kamu mencoba kuliah sambil kerja. Dengan kuliah sambil kerja, kamu dapat memperoleh pengalaman lebih dibandingkan teman kamu yang hanya berfokus pada kuliah atau kerja. Kamu akan memiliki awal karier yang lebih cepat dibandingkan dengan teman kamu yang berfokus pada kuliah. Atau kamu akan memiliki pengetahuan lebih dibandingkan dengan teman kamu yang memilih bekerja dan tidak kuliah.

Walaupun banyak pro dan kontra, kuliah sambil kerja bukanlah hal mustahil untuk kamu coba. Kamu hanya perlu memiliki niat dan ketekunan yang besar untuk menjalankan keduanya sekaligus.

Selain membantu para profesional muda dalam mengembangkan kariernya melalui tips-tips, Glints juga dapat membantu kamu untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Signup ke Glints dan temukan berbagai pekerjaan internship, part-time, dan full-time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar